Formularium Nasional (fornas) 2015

kmk523

Kalo kemaren ngasih link tentang KMK 514/2015 tentang Panduan Praktek Klinis Bagi Dokter di FKTP. Ternyata didalamnya ada pemberitahuan untuk daftar obat harus menggunakan Formularium Nasional. Supaya lengkap ceritanya maka ini adalah link untuk fornas:

http://bit.ly/Fornas2015

Sepertinya ngga terlalu banyak yang berubah sih…

[draguscn]

KMK 514/2015 tentang Panduan Praktek Klinis Bagi Dokter di FKTP

kmk514

Sudah lama ngga ngisi disini .. padahal cukup banyak update dari Kemenkes yang bisa dijadikan bahan update blog. Ini salah satunya. Perbedaan nyata yang langsung keliatan sama saya adalah jumlah penyakitnya yang sekarang sudah 179 penyakit. Berarti cerita tentang 144, 155 penyakit juga akan berganti menjadi 179 penyakit.. tanpa panjang lebar inilah link download ke KMK 514/2015

http://bit.ly/KMK5142015

Selamat mengarungi 1279 halaman, doctors …

[draguscn]

Hari Kusta Sedunia 2016

Selamat untuk Kapekatu, projek ke-2 di Hari Kusta Sedunia 2016 menurut saya sudah bisa dianggap berhasil. Kerjasama SMK 1, SMA 1 dan MANU Kraksaan ternyata bisa menghasilkan keramaian di Alun-alun Kraksaan.‪#‎harikustasedunia‬.

Hari Kusta Sedunia jatuh pada hari bukan tanggal. Harinya adalah hari minggu dan bagian dari minggu terakhir pada bulan Januari. Kalaupun minggu terakhirnya bulan januari hanya ada 4 hari maka minggu di bulan Februari yang jadi bagian dari minggu terakhir bulan Januari tersebut adalah hari Kusta Sedunia. #mbulets

Meski yang memeriahkan dari SMA dan sederajat saja .. kemeriahannya tetap gebyar !

[draguscn]

 

 

Melintas di Hari AIDS 2015

Hari itu adalah hari AIDS tahun 2015, diperingati tepat ditanggal 1 December 2015. Puskesmas Kraksaan sudah mempersiapkan untuk melaksanakan kegiatan AIDS 2015 bersama Kapekatu (KPKK) yang kemudian ternyata dengan sangat terpaksa membatalkan pelaksanaannya karena banyak sekolah terbentur pelaksanaan kegiatan ujian sekolah.

Jadilah akhirnya kegiatan ini hanya didominasi oleh Dinas kesehatan dan temen2 dari RSWJ, pak Kadin ikutan turun ke jalanan membagikan leaflet AIDS.

Hari itu saya harus ke Puskesmas dulu dan setelah apel dan beberapa kegiatan baru berniat merapat ke Dinas Kesehatan, dalam perjalanan ke Dinas bertemu dengan rombongan dinas kesehatan dan rumah sakit yang sedang melaksanakan aksi jalanan. Pak Kadin menyempatkan mencegat mobil ambulans Kraksaan dan memberikan leaflet kepada saya. Selamat Hari AIDS 2015!

 

[draguscn]

Persiapan Pekan Imunisasi Sedunia

Tak terasa sudah mendekati minggu akhir bulan April yang berarti pekan imunisasi sedunia akan digelar lagi. Kali ini tema yang diangkat WHO adalah Close the immunization gap – vaccination for all. Dibahasa Indonesiakan jadi Tutup Kesenjangan Imunisasi – Imunisasi untuk Semua.

Ada 3 menurut WHO (dan 4 menurut depkes) yang dijadikan gerakan dalam melaksanakan pekan imunisasi sedunia kali ini yaitu (secara sederhana) :

  1. Pelayanan Imunisasi
  2. Rantai Dingin
  3. Tingkatkan akses sasaran imunisasi pada layanan.

Satu dan dua, memang sudah terlaksana cukup rutin. Imunisasi punya hari sendiri, Jumat, sedangkan rantai dingin, yang dalam kewenangan puskesmas, adalah kulkas vaksin dan vaccine carrier, tertata dengan rapi. Ruangan untuk kulkas sudah tersendiri, freeze tag sudah yang generasi 2 sehingga suhu tinggal print pdf. Mungkin tetap harus membenahi buku stok dan administrasi lainnya.

Tertinggal no 3 yang sepertinya memang butuh kegiatan dari hulu ke hilir. dan sayangnya mengingat waktunya belum bisa menggunakan dana BOK.

Kegiatan-kegiatan masih dalam rancangan, tapi kurang lebih akan seperti ini :

  1. Validasi sasaran dan hasil imunisasi tribulan I. Luaran dalam bentuk Drop out dari tiap desa, dan status desa dalam pelaporan – under-, over-reported dan akurat. Selanjutnya drop out bisa dijadikan dasar untuk:
  2. Drop out Follow up (DOFU).
  3. Kegiatan penyuluhan imunisasi, di desa yang paling sulit (Kalibuntu)
  4. Kegiatan pertemuan dengan Forum Kesehatan Desa Kalibuntu.
  5. Pelaksanaan DQS untuk 3 desa.
  6. Penyebarluasan informasi berupa media informasi.

Sementara demikian. Untuk yang pengen download juknisnya silakan lanjut ke sini :

Selamat melaksanakan PID/WIW 2015!

[draguscn]

Mau dibuat kegiatan apa ya?

Hari ini acara rapatnya adalah Desk Perencanaan SILPA. Dan setelah salah masuk ruangan yang kosong saya dan beberapa kapus akhirnya gabung juga dengan banyak orang di ruangan mungil Melati untuk rapat yang dipimpin mba Anna.

Berapa hari ini masih bingung mau merencanakan apa untuk SILPA JKN 2014 yang akan digunakan untuk tahun 2015 ini. Kurang lebih panduan penggunaannya sebagai berikut.

permenkes 19 tahun 2014 - pemanfaatan operasionalpermenkes 28 tahun 2014 - pemanfaatan operasional

yang sebelah kanan berasal dari Permenkes no 19 tahun 2014 tentang PENGGUNAAN DANA KAPITASI JAMINAN KESEHATAN NASIONAL UNTUK JASA PELAYANAN KESEHATAN DAN DUKUNGAN BIAYA OPERASIONAL PADA FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA MILIK PEMERINTAH DAERAH diundangkan 2 Mei 2014. Yang berikutnya adalah dari Permenkes 28 tahun 2014 tentang PEDOMAN PELAKSANAAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL diundangkan 25 Juni 2014

Keduanya bisa digolongkan baru untuk yang namanya aturan. Dan hari ini harus cukup bingung untuk memilih mana yang akan digunakan. Seandainya UKM diperkenankan sungguh tak ada masalah.

[draguscn]

Pembekalan untuk Kelompok Peduli HIV AIDS

Membentuk suatu kelompok peduli HIV AIDS di kalangan remaja memang harus memikirkan bagaimana seorang remaja menerima HIV AIDS bukan sebagai penyakit namun sebagai suatu kesempatan untuk menyumbangkan tenaga dan kemampuannya.

Dalam hal organisasi menurut saya cukup mudah terbentuk. Adik-adik yang masih setingkat SMA dari kecamatan Kraksaan (SMK 1, SMK 2, SMA 1 dan MA NU) masing-masing mengirimkan 5 orang untuk bersama-sama berdiskusi menghasilkan kelompok yang akan meramu kegiatan-kegiatan yang bertemakan HIV AIDS

Pembicaranya antara lain pak Ismail Panji (KPA), mba Wiwik dan mba Naning (Dinkes) dan saya ikutan memberikan materi tentang HIV AIDS dan pentingnya Kelompok Peduli.

Semoga dalam waktu dekat kita akan bisa mewujudkan kelompok ini memiliki andil untuk terselenggaranya Program Pengendalian HIV AIDS di Kraksaan.

[draguscn]

PCARE – DOWN

Saat diperlukan malah down .. bener-bener let down. Setelah menghubungi sana dan sini sampai pada kesimpulan memang dari servernya yang error,,, halooo BPJS … gimana nih ,,,